SEJARAH

SEJARAH PERANG VIETNAM

perang

Dalam sejarah perang, Perang Vietnam berdiri sendiri sebagai yang paling penting. Itu memiliki efek mendalam pada AS dan seluruh dunia. Ini mungkin mengapa banyak orang ingin mempelajarinya.

Saya dibesarkan di Florida, tetapi ketika keluarga saya pindah ke Florida pada pertengahan 1970-an, saya menghabiskan waktu di daerah Miami serta di Fort Lauderdale dan Coral Gables saat kuliah di Florida. Sepanjang tahun-tahun ini, saya selalu bertanya-tanya apa yang sedang terjadi di Vietnam. Dan saya tentu ingin belajar tentang Vietnam.

Anda tahu, saya diajari bahwa Perang Vietnam adalah contoh yang tidak terjangkau. Saya juga diajari bahwa AS memiliki tujuan mulia – bahwa ia ada di sana untuk membebaskan rakyat Vietnam dari penindasan mereka dan mengambil tanah mereka.

Profesor Universitas yang mengajar kelas kami menggunakan argumen ini pada semester musim semi tahun 1970. Dia menjelaskan bahwa alasan keterlibatan AS di Vietnam adalah bahwa kami berjuang untuk melindungi cara hidup kami dan untuk mencegah komunis mengambilnya dari kami .

Tetapi selama diskusi kami tentang Piala Dixie, Presiden Nixon menjelaskan bahwa Amerika Serikat tidak akan melakukan intervensi di Vietnam Selatan selama mereka mengizinkan dan mendorong para pejuang Front Pembebasan Nasional Vietnam (VNLF) untuk berperang dengan Tentara A.S. di Vietnam Selatan. Dia meyakinkan kami bahwa kami akan melakukan segala daya kami untuk menghentikan upaya mereka.

PENGARUH PERANG VIETNAM BAGI AMERIKA

Ini adalah kata-kata yang digunakan Presiden Nixon ketika dia berkata, Vietnam harus memberi mereka sesuatu, atau mereka akan berhenti. Tidak ada yang pantas diperjuangkan di Vietnam hari ini. Dengan kata lain, tidak perlu bagi kita untuk mengambil risiko terlibat dalam perang di Vietnam.

Kemudian pada musim semi tahun 1970, orang Vietnam Selatan memilih presiden sipil pertama mereka, Ngo Dinh Diem. Selama kampanye pemilihannya, ia berjanji untuk menjaga AS dari perang di Vietnam. Diem ingin menegosiasikan proses perdamaian dengan komunis. Namun, dia juga ingin melindungi pasukan Amerika.

BACA JUGA : PERKEMBANGAN AGAMA DI INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA

Pada saat itu, seorang pejabat Amerika Serikat menyatakan bahwa Presiden percaya bahwa pemerintah Vietnam Selatan telah bertindak seperti seorang kepala sekolah (memanggil siswa yang bisa mendengar dan mereka yang tidak bisa) dan memanggil bel terakhir di Piala Dixie. Pemerintah Amerika Serikat khawatir bahwa para pemberontak mungkin didorong untuk memaksa pasukan kami untuk mundur.

PEMBOMAN VIETNAM UTARA YANG DIBATALKAN

Ketika Presiden Nixon mengumumkan bahwa dia telah membatalkan pemboman Vietnam Utara, dia juga mengumumkan bahwa dia akan mengirim tim pejabat Amerika Serikat ke Vietnam untuk menyelidiki niat Diem. Tim itu memiliki delegasi yang terdiri dari tiga duta besar, dua perwakilan Departemen Luar Negeri dan seorang utusan khusus dari Dewan Keamanan Nasional. Seperti yang dapat Anda bayangkan, tim itu menemukan dirinya dalam situasi yang sulit.

PERTEMUAN PEJABAT AMERIKA DAN VIETNAM

Ketika Presiden bertemu dengan Jenderal Tran Van Truong, duta besar dari Vatikan, utusan khususnya meminta jaminan pemerintah Vietnam bahwa AS tidak akan terlibat dalam perang di Vietnam jika Diem tidak terpilih kembali. Para pejabat Vietnam menolak memberikan jaminan semacam itu.

Tim Presiden Amerika Serikat menyerah. Mereka setuju untuk mengizinkan Diem terpilih kembali, tetapi pemerintah AS tidak akan menjamin dia menang. Karena itu, pemerintah Amerika Serikat tidak akan terlibat dalam perang di Vietnam.

Meskipun kami tidak ikut campur dalam Perang Vietnam, Perang Vietnam masih memiliki efek mendalam pada Amerika Serikat. Perang Vietnam tidak mengubah sifat dasar kebijakan luar negeri AS. Ini menciptakan kesadaran internasional tentang pendekatan A.S. untuk pembangunan bangsa dan dalam hal ini, pendekatan kami untuk pembangunan bangsa adalah pada belas kasihan berbagai peristiwa, bukan sebaliknya.

Sekian dan terima kasih.

Anda mungkin juga suka...